Nizhamiyah
Vol 11, No 1 (2021): NIZHAMIYAH

MINAT BELAJAR SISWA SD TERHADAP PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN

Andina Halimsyah Rambe (Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan UIN Sumatera Utara Medan Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate, Medan Sumatera Utara, 20371)
Winda Apriani (Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan UIN Sumatera Utara Medan Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate, Medan Sumatera Utara, 20371)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2021

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan bidang studi yang di dalamnya terdapat  teori-teori yang berkaitan dengan kewarganegaraan. Hal ini menjadikan salah satu kendala bagi pendidik yang mengajarkan pada peserta didiknya tentang PKn yang memang lebih banyak diisi dengan metode ceramah, sehingga siswa merasa PKn merupakan pelajaran yang membosankan tanpa ada kegiatan di luar kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran bermain peran pada pembelajaran PKn pada materi Memahami Sistem Pemerintahan Republik Indonesia (Pemilu). Model pembelajaran bermain peran adalah suatu metode belajar yang dilakukan peserta didik dengan cara melakukan akting dan penghayatan terhadap suatu penokohan. Melalui model pembelajaran bermain peran ini, secara khusus dapat meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran PKn itu sendiri dengan banyaknya kelebihan yang didapat sehingga tercapainya tujuan dari pembelajaran yang aktif dan efektif.Kata Kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, Model Pembelajaran, Bermain Peran

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nizhamiyah

Publisher

Subject

Education

Description

1. Profesionalisme guru dalam Pendidikan Dasar Islam 2. Pengembangan dan Desain Pembelajaran dalam Pendidikan Dasar Islam 3. Penerapan dan Pengembangan bidang studi atau mater Pelajaran Pendidikan Dasar Islam 4. Model, Strategi, dan Metode Pembelajaran dalam Pendidikan Dasar Islam 5. Manajemen ...