Pendidikan merupakan sub sistem dari sistem kehidupan manusia yang sangat komprehensif dimulai aspek misi, visi, tujuan, kurikulum, pendidik, peserta didik, metode, strategi, sarana prasarana, dan aspek lainnya. Dalam manajemen pendidikan ada kegiatan dakwah dan dalam proses dakwah ada kegiatan manajemen pendidikan. Bahkan sebagian kalangan menganggap tidak perlu lagi memisahkan atau membedakan antara keduanya, karena baik konsep, metodologi dan tujuan memiliki kesamaan yakni memanusiakan manusia dan mengajak manusia ke jalan Allah SWT untuk menggapai kebahagiaan di dunia dan akhirat dengan metode dan proses yang telah diajarkan Rasulullah, maka program pendidikan dan dakwah diperlukan strategi dan pengembangannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan dari berbagai literatur yang relevan baik sumber al-Qur’an dan Hadits serta buku-buku kontemporer karya ahli pendidikan dan dakwah. Data yang terkumpul dianalisa menggunakan metode deskriptif analisis. Tulisan ini disimpulkan bahwa strategi dan etika dakwah yang harus dipegang teguh para Da’i di era milenial, antara lain: (1) Dakwah itu mengajak bukan menjebak, (2) merangkul bukan memukul, (3) membimbing bukan membanting, (4) meneduhkan bukan menggerahkan, (5) mendamaikan bukan meresahkan, (6) menghidupkan bukan mematikan, (7) menengahkan bukan menyudutkan, (8) memuji bukan mencaci, (9) mendidik bukan menghardik, dan (10) Dakwah itu ramah bukan marah. Semoga tulisan ini menambah semangat dakwah para Da’i dan Muballigh di era milenial yang terus berkembang mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Copyrights © 2020