Dalam dunia pendidikan, terutama dalam pendidikan formal peran peserta didik menjadi salah satu faktor penting terlaksanannya kegiatan pembelajaran, dengan katalain peserta didik memiliki peran penting dalam terselenggaranya pendidikan. Akan tetapi seiring berkembangnya zaman, pendidikan di Indonesia semakin memiliki beragam masalah, terutama masalah pada peserta didik yang salah satunya adalah masalah prokrastinasi akademik pada peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi program bimbingan karir Islami untuk meningkatkan minat berwirausaha siswa prokrastinasi akademik tingkat SMK. Program tersebut difokuskan kepada para prokrastinator khususnya di kelas XII yang akan menghadapi dunia bersaing yang sesungguhnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research, dengan peneliti langsung kelapangan untuk melihat fenomena, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu program bimbingan dan konseling karir dari sekolah yang diteliti masih belum dituangkan ke dalam bentuk program secara khusus, dengan kata lain layanan bimbingan karir masih tersirat. Dari temuan tersebut maka, peneliti membuat produk dalam bentuk program khusus layanan bimbingan dan konseling karir Islami untuk meningkatkan minat berwirausaha siswa prokrastinasi, dengan tujuan layanan bimbingan dan konseling karir Islam dapat diperhatikan secara khusus, untuk memebantu peserta didik/konseli memecahkan masalah karirnyaKata Kunci: Minat Berwirausaha, Program Bimbingan Karir Islami, Prokrastinasi Akademik
Copyrights © 2020