Sebelum mengadakan program kegiatan pendidikan dan pelatihan, dalam tahap perencanaan diperlukan adanya analisis kebutuhan. Dalam analisis kebutuhan ada kegiatan identifikasi dan pengambilan data terlebih dahulu kemudian dilakukan penyaringan untuk menentukan skala prioritas untuk dilanjutkan ke penyusunan perencanaan program. Tujuannya agar hasil diklat sesuai dengan apa yang diharapkan. Artinya, ada kesesuaian antara hasil diklat dengan apa yang dibutuhkan oleh peserta diklat. Analisis kebutuhan diklat bagi guru PAI dan Budi Pekerti dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mengidentifikasi dan mengambil data di lapangan yang dilakukan pada enam ranah kompetensi yang harus dikuasai. Enam ranah kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, sosial, religius, dan kompetensi leadership. Penyelenggara diklat bagi guru PAI dan Budi Pekerti diharapkan mampu melakukan identifikasi dalam rangka memetakan dan menentukan skala prioritas program diklat pada ranah kompetensi yang diinginkan.
Copyrights © 2020