JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner)
Vol 4 No 1 (2020): JPPI Volume 4 Nomor 1 Juni 2020

STRATEGI OPTIMALISASI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 10 BULUKUMBA

KAMUS MUSTAMIN (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi optimalisasi penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 10 Bulukumba. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif deskriftif dengan pendekatan Teologis Normatif, Psycopedagogis, dan fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Strategi optimalisasi penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 10 Bulukumba adalah dengan mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen kurikulum, mulai dari perencanaan kurikulum dengan model Desain Kurikulum Humanistik, organisasi kurikulum dengan model integrated curriculum , implementasi kurikulum model kurikulum The Corcerns-Based Adaption Model (CBAM), hingga evaluasi kurikulum model Illumination. Implikasi dari penelitian ini adalah Strategi optimalisasi penanaman nilai-nilai pendidikan Islam perlu mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen kurikulum dengan memilih model perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, pengimplementasian kurikulum, dan evaluasi kurikulum yang tepat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner (JPPI) published by IAI DDI Polewali Mandar, jornals are published twice a year in Juni dan Desember. This journal Contains articles of thought and research results in Islamic education disciplines. This journal warmly welcomes contributions from ...