JURNAL SWARNABHUMI
Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Swarnabhumi

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP N 15 PALEMBANG

ade wiranto (Unknown)
Susanti Faipri Selegi (Unknown)
Sukardi Sukardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Latar belakang dalam masalah penelitian ini adalah nilai siswa tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75 sehingga kegiatan pembelajaran IPS kurang menarik dan monoton. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah  model pembelajaran creative  problem solving dan model project based learning efektif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 15 Palembang tahun pelajaran 2020/2021?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran creative problem solving dan model project based learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 15 palembang tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan Metode Deskriptif Kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII 1 dan kelas VII 2 yang berjumlah 64 siswa. Data di peroleh melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan penyajian data, reduksi data, verifikasi atau kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon siswa terhadap model pembelajaran crative problem solving dan model project based learning  sangat efektif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 15 palembang

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

swarna

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Swarnabhumi is a scientific and education journal managed and published by Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, PGRI University of ...