JURNAL SWARNABHUMI
Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Swarnabhumi

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PARTISIPATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 1 MUARADUA OKU SELATAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Murjainah Murjainah (Universitas PGRI Palembang)
Munfarida Arifati (Universitas PGRI Palembang)
Houtman Houtman (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2020

Abstract

Pembelajaran partisipatif dapat diartikan sebagai upaya pendidik untuk mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran partisipatif mengandung arti ikut sertanya peserta didik di dalam program pembelajaran partisipatif. Keikutsertaan peserta didik itu diwujudkan dalam tiga tahapan kegiatan pembelajaran yaitu perencanaan program, pelaksanaan, dan penilaian kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan pembelajaran partisipatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X di SMA Negeri 1 Muaradua OKU Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muaradua OKU Selatan. Sampel dalam penelitian diambil sebanyak 59 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran partisipatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X di SMA Negeri 1 Muaradua OKU Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil ini dibuktikan nilai thitung (10,25) > ttabel (1,67203). 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

swarna

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Swarnabhumi is a scientific and education journal managed and published by Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, PGRI University of ...