JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 8 No 3 (2020): Vol.8.No.3.2020

RESPON MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH PANCASILA

Oni Sahroni (Unknown)
Rissa Nuryuniarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat respon mahasiswa selama pembelajaran daring pada mata kuliah pancasila. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitaif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya yang mengambil mata kuliah pancasila yaitu sebanyak 219 orang yang merupakan mahasiswa kesehatan dengan jurusan keperawatan dan kebidanan. Instrumen yang digunakan adalah angket respon siswa selama pembelajaran daring dilaksanakan. Berdasarkan pengolahan dan analisis data bahwa pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh dosen pada mata kuliah Pancasila sudah dilaksanakan dengan baik. Respon mahasiswa juga sudah menyenangkan dalam pembelajaran daring, terlihat sebanyak 34% merespon menyenangkan, dan 62% merespon cukup menyenangkan. Pembelajaran daring jika dilakukan dengan kesiapan yang baik maka akan mampu meningkatkan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...