JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 8 No 3 (2020): Vol.8.No.3.2020

STRATEGI PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA ARAB UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS

Rina dian Rahmawati (Unknown)
Amrini Shofiyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2020

Abstract

Tujuan diadakannya Mata Kuliah Bahasa Arab adalah untuk membekali mahasiswa tentang Bahasa Arab dan juga untuk mengenalkan kepada mahasiswa keterampilan keterampilan yang terkait didalamnya. Ketika proses pembelajaran berlangsung, Permasalahan yang kerap terjadi adalah kurangnya minat mahasiswa didalam mata kuliah tersebut dikarena beberapa faktor, diantaranya bahasa arab merupakan bahasa asing yang susah untuk dimengerti, minimnya pembendaharaan mufrodat yang dimiliki oleh mahasiswa, tidak adanya buku ajar yang paten digunakan.Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskiptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi. Analisa data hasil penelitian dilakukan secara induktif dengan menggunakan data deskriptif . Berdasarkan hasil penelitian dilapangan strategi menulis bahasa arab untuk mahasiswa bahasa inggris ini memperoleh hasil yang baik, upaya yang dilakukan oleh dosen pada proses tersebut yaitu; penerapan strategi pembelajaran dengan memperhatikan tingkat kemampuan kebahasaan mahasiswa baik dari segi grafalogi, struktur bahasa dan juga kosakata dengan memanfaatkan bahan ajar yang telah dikembangkan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...