Motivasi dan kemandirian belajar pada mata pelajaran matematika menjadi penting dalam situasi pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan motivasi dan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran matematika sebelum dan sesudah pembelajaran daring. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan teknik quasi eksperimental dan designya adalah one group pre test and post test design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Karawang, dan sampelnya adalah kelas VII B. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi dan kemandirian belajar yang didesain khsusu menggunakan goggle form, sehingga siswa tinggal mengisi angket tersebut menggunakan handphonenya. Jumlah pernyataan masing masing adalah 20 pernyataan baik untuk motivasi maupun untuk kemandirian belajar. Analisis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa bahwa guru matematika di SMPN 3 Karawang sudah mampu melaksanakan pembelajaran daring dengan baik, hasil lain menunjukan bahwa terdapat perbedaan motivasi kemandirian belajar sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika di kelas VII B SMPN 3 Karawang
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020