Indonesian Journal of Natural Science Education
Vol 1, No 2 (2018): November

PENGEMBANGAN PHYSICS WORLD ADVENTURE BERBASIS GAME EDUKASI

Handi Darmawan (IKIP PGRI Pontianak)
Nawawi Nawawi (IKIP PGRI Pontianak)
Guido Famula (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui hasil penilaian ahli terhadap Physics World Adventure berbasis game edukasi berdasarkan ahli materi dan media. (2) mengetahui respon siswa terhadap Physics World Adventure berbasis game edukasi. (3) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan Physics World Adventure berbasis game edukasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang digunakan telah dimodifikasi untuk disesuaikan dengan pengembangan yang akan dilakukan. Berdasarkan hasil uji coba produk game edukasi Physics World Adventure terhadap siswa, secara garis besar siswa memberikan tanggapan yang baik setelah memainkan game edukasi Physics World Adventure dengan memperoleh skor rata-rata 81,40% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan berdasarkan hasil belajar siswa setelah menggunakan game edukasi Physics World Adventure pada uji coba produk, diketahui bahwa presentase siswa yang tuntas sebesar 57,15 % dan siswa yang belum tuntas sebesar 42,85 %.  Berdasarkan penilain ahli media memperoleh skor sebesar 2,92 yang masuk dalam kategori layak dan penilaian ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 1,89 dengan kriteria cukup layak.  

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ijnse

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Indonesian Journal of Natural Science Education is a science and science education journal. The scope of articles published in the Indonesian Journal of Natural Science Education is a study in articles in the fields of Science Education, Biology Education, Physics Education, Chemistry Education, ...