Menuju era revolusi industri 4.0, kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Diperlukan kesiapan wawasan dan keterampilan individu yang mumpuni. Salah satunya di bidang pendidikan tinggi yaitu penggunaan E-Learning sebagai basis perkuliahan. Hasil studi pendahuluan di Universitas Perjuangan Tasikmalaya, khususnya pada Program Studi PGSD masih banyak mata kuliah yang belum menggunakan E-Learning. Hal ini mengakibatkan mahasiswa harus beradaptasi dengan menggunakan perkuliahan berbasis E-Learning. Di sisi lain, perbedaan proses perkuliahan E-Learning dengan perkuliahan konvensional yaitu terdapat pada pada interaksi sosialnya. Berdasarkan hal tersebut, peneliti berpandangan bahwa betapa pentingnya melakukan analisis dengan teknik deskriptif kualitatif yang melibatkan mahasiswa angkatan 2018 kelas A, B, C, dan D prodi PGSD Universitas Perjuangan. Maka dari itu, fokus penelitian ini adalah analisis terkait penggunaan E-Learning terhadap keterampilan sosial mahasiswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan E-learning pada perkuliahan dapat dilakukan bersamaan dengan meningkatkan keterampilan mahasiswa melalui suatu pengondisian oleh dosen pengampu
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021