JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 1 (2021): Vol.9.No.1.2021

ANALISIS E-LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL MAHASISWA UNIVERSITAS PERJUANGAN TASIKMALAYA

Fajar Nugraha (Unknown)
Riza Fatimah Zahrah (Unknown)
Ade Maftuh (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2021

Abstract

Menuju era revolusi industri 4.0, kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Diperlukan kesiapan wawasan dan keterampilan individu yang mumpuni. Salah satunya di bidang pendidikan tinggi yaitu penggunaan E-Learning sebagai basis perkuliahan. Hasil studi pendahuluan di Universitas Perjuangan Tasikmalaya, khususnya pada Program Studi PGSD masih banyak mata kuliah yang belum menggunakan E-Learning. Hal ini mengakibatkan mahasiswa harus beradaptasi dengan menggunakan perkuliahan berbasis E-Learning. Di sisi lain, perbedaan proses perkuliahan E-Learning dengan perkuliahan konvensional yaitu terdapat pada pada interaksi sosialnya. Berdasarkan hal tersebut, peneliti berpandangan bahwa betapa pentingnya melakukan analisis dengan teknik deskriptif kualitatif yang melibatkan mahasiswa angkatan 2018 kelas A, B, C, dan D prodi PGSD Universitas Perjuangan. Maka dari itu, fokus penelitian ini adalah analisis terkait penggunaan E-Learning terhadap keterampilan sosial mahasiswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan E-learning pada perkuliahan dapat dilakukan bersamaan dengan meningkatkan keterampilan mahasiswa melalui suatu pengondisian oleh dosen pengampu

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...