JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 1 (2021): Vol.9.No.1.2021

THE ANALYSIS OF ONLINE PJOK LEARNING AGAINST STUDENT INTERESTS, ACTIVITIES AND LEARNING OUTCOMES DURING THE PANDEMIC PERIOD CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) AT SMPN 27 GRESIK

Bagus Johansyah Putra (Universitas Negeri Surabaya)
Gigih Siantoro (Universitas Negeri Surabaya)
Abdul Rachman Syam Tuasikal (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2021

Abstract

Jurnal penelitian ini bermaksud untuk menganalisis Pembelajaran PJOK Daring Terhadap Minat, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) Di SMPN 27 Gresik. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas 7 SMPN 27 Gresik. Pembelajaran PJOK dilaksanakan secara daring hingga waktu yang belum ditentukan. Pembelajaran PJOK Daring yang dilakukan oleh semua guru mata pelajaran terutama guru PJOK membuat guru PJOK harus menumbuhkan minat belajar peserta didik karena pembelajaran yang biasanya dilakukan tatap muka harus beralih pada pembelajaran daring selama masa pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Para ahli psikologi menyebutkan bahwa salah satu hal yang bisa mempengaruhi hasil belajar seseorang siswa adalah minat dan aktivitas belajar yang menarik. Diharapkan dengan pembelajaran PJOK Daring dapat menumbuhkan minat, aktivitas dan hasil belajar yang baik, guna untuk mendapatkan pembelajaran yang efektif dimasa pandemic covid-19. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya upaya pembelajaran PJOK daring dalam meningkatkan minat, aktivitas dan hasil belajar peserta didik selama masa pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan ex-post facto. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan angket dengan memanfaat google formulir. Teknik analisis yang digunakan peneliti menggunakan Teknik analisis regresi ganda. Populasi yang digunakan oleh peneliti adalah siswa kelas VII SMPN 27 Gresik yang berjumlah 128 siswa. Peneliti mengambil sampel data dengan menggunakan Purposive Sampling sebanyak 40 siswa mulai dari kelas VIIA-VIID yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 5 Orang perempuan dalam setiap kelas. Hasil analisis korelasi menunjukkan variabel pembelajaran PJOK daring memiliki hubungan yang Korelasi prediktor minat belajar terhadap pembelajaran PJOK daring sebesar 0,208, korelasi prediktor hasil belajar terhadap pembelajaran PJOK daring sebesar 0,517 sedangkan korelasi hasil belajar terhadap pembelajaran PJOK daring sebesar -,113 siswa kelas VII Selama masa pandemi covid-19 di SMPN 27 Gresik. Dengan demikian, disimpulkan bahwa dalam pembelajaran PJOK Daring kelas VII di SMPN 27 Gresik mempunyai pengaruh positif dan saling berhubungan satu sama lain untuk meningkatkan minat, aktivitas dan hasil belajar siswa selama masa pandemic Covid-19 di SMPN 27 Gresik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...