Jurnal Inventa
Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Inventa Septrmber 2018

STUDI INQUIRY LEARNING PADA MATAPELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Andriani, Miranti Widi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2018

Abstract

Metode pembelajaran adalah cara atau teknik yang dipakai guru untuk mengelola pembelajaran sehingga sehingga tujuan belajar yaitu kemampuan akhir yang diharapkan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Inquiry learning (pembelajaran inkuiri/menemukan) adalah salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tindak pembelajaran inkuiri pada matapelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus untuk menjawab pertanyaan penelitian. Peneliti sebagai alat pengumpul data utama. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam (in-depth interview), observasi tidak terstruktur dan dokumen. Beberapa temuan penelitian menunjukkan inquiry learning yang dilakukan oleh guru pada matapelajaran IPA antara lain: guru memulai pembelajaran dengan pertanyaan; guru mengarahkan siswa pada pemahaman yang mendalam; guru memberikan umpan balik; guru memberikan tugas proyek; guru membentuk kelompok dalam pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal_inventa

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Inventa telah terbit online maupun cetak yang memuat artikel ilmiah dari hasil penelitian, studi pustaka, pengamatan atau gagasan atas suatu masalah yang timbul dalam kaitannya dengan perkembangan bidang pendidikan sekolah dasar. ...