Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya
Jurnal Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

PENGEMBANGAN PERANGKAT PERKULIAHAN PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN IPS SD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BAGI MAHASISWA S1 PGSD UNIROW TUBAN

WIRATSIWI, WENDRI (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan (1) mengembangkan perangkat perkuliahan pada mata kuliah materi dan pembelajaran Matematika SD dengan model pembelajaran kolaboratif; (2) mengetahui keefektifan perangkat perkuliahan pada mata kuliah materi dan pembelajaran Matematika SD dengan model pembelajaran. Penelitian dilakukan di kelas A mahasiswa PGSD semester II angkatan 2014 sebagai kelas eksperimen. Pengembangan dilakukan mengacu pada model R & D oleh Borg and Gall, sedangkan pada tahap uji coba perangkat perkuliahan digunakan One Group Pretest-Postest Design dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengumpulan data menggunakan metode validasi ahli, observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh bahwa perangkat perkuliahan yang dikembangkan juga memiliki tingkat kelayakan baik untuk digunakan. Keefektifan perangkat perkuliahan diuji dengan membandingkan nilai hasil belajar ketika pretest dan postest mahasiswa PGSD semester II kelas A sebagai kelompok uji coba lapangan (kelompok eksperimen). Sebelum menggunakan perangkat perkuliahan yang dikembangkan ketika pretest rata-rata skor yang dicapai mahasiswa adalah 62,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 10%. Setelah digunakannya perangkat perkuliahan dengan model pembelajaran kolaboratif selama pembelajaran, rata-rata skor yang dicapai mahasiswa ketika postest adalah 82 dan ketuntasan klasikal yang dicapai adalah 85%. Dari hasil belajar tersebut terlihat ada peningkatan nilai hasil belajar mahasiswa ketika pretest dan setelah postest. Artinya perangkat perkuliahan yang dikembangkan efektif untuk digunakan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jurnal_buana_pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun bulan Februari dan Oktober berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan, baik yang ditulis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Tulisan yang dimuat dapat berupa analisis, kajian pustaka, atau hasil ...