Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya
Jurnal Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU KOTIF BERBASIS ANIMASI POWER POINT PADA SISWA TUNARUNGU

Mirnawati, Mirnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2019

Abstract

Keterbatasan bahasa dan komunikasi pada siswa tunarungu menyebabkan siswa tunarungu seringkali dianggap memiliki intelegensi yang rendah dan kesulitan memahami konsep yang abstrak termasuk dalam pelajaran matematika. Siswa tunarungu kelas V di SLB Pelambuan Banjarmasin menunjukkan kemampuan yang masih rendah dalam menyelesaikan soal penjumlahan bilangan bulat, dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan bulat pada siswa tunarungu melalui penggunaan kartu kotif berbasis animasi power point. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuatitatif dengan jenis penelitian pra eksperimen quasi eksperimen dengan desain O1 O2 O3 O4 X 05 O6 O7 O8. Subjek penelitian berjumlah lima orang siswa tunarungu kelas V SLB Pelambuan Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi adapun analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penjumlahan siswa tunarungu pada pre test masih rendah dengan nilai tertinggi 20, sedangkan pada post test terjadi peningkatan yang signifikan hal tersebut terbukti dengan nilai tertinggi yang dicapai oleh siswapada post test mencapai angka 70. Dengan dmeikian dapat disimpulkan bahwa medi kartu kotif berbasis animasi dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan bulat siswa tunarungu kelas V di SLB Pelambuan Banjarmasin. Kata kunci: kartu kotif animasi power point, penjumlahan bilangan bulat, tunarungu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal_buana_pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun bulan Februari dan Oktober berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan, baik yang ditulis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Tulisan yang dimuat dapat berupa analisis, kajian pustaka, atau hasil ...