J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika
Vol 13 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Peningkatan Keaktifan dan Motivasi Belajar Mahasiswa melalui Pendekatan Kontekstual

Purwasih, Silviana Maya (Unknown)
Rani Kurnia Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas PGRI Adibuana pada mata kuliah Matematika Kejuruan melalui pendekatan kontekstual. Penelitian Ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual memberikan konstribusi dalam meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika kejuruan. Secara klasikal, peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil data presentase angket keaktifan belajar mahasiswa pada siklus I mencapai 64,28%, pada siklus II meningkat sebesar 12,43% menjadi 76,71%, juga melalui presentase keseluruhan indikator motivasi belajar mahasiswa yang semula pada siklus I sebesar 62,10%, pada siklus kedua meningkat sebesar 13,74% menjadi 75,84%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jstatistika

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Merupakan Media Penerbitan Dan Pembahasan Karya Ilmiah Dalam Bidang Ilmu Statistika Beserta Aplikasinya, Baik Berupa Hasil Penelitian, Bahasan Tentang Teori, Metodologi, Komputasi, Maupun Aplikasi Statistika Dalam Bidang ...