Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Vol 1 No .2 (2018): GRAVITY EDU

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KARAKTER MAJA LABO DAHU UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

widia fisika (wf)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Karakter “Maja labo Dahu” yang layak untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif pada materi fluida statis. Perangkat pembelajaran dikembangkan menggunakan model 4-D dengan desain uji coba one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data menggunakan pengamatan, angket dan tes. Perangkat pembelajaran diberikan pada 10 siswa kelas XI/IPA SMAN 1 Ambalawi tahun ajaran 2017/2018. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Temuan hasil penelitian, yaitu: 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP, LKS, Buku Ajar siswa dan instrumen berkategori valid; 2) Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari terlaksananya RPP berkategori baik (3,43) dan aktivitas siswa (2,91) terlaksana sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah direncanakan; 3) Keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari: (a) Keterampilan berpikir kreatif siswa sebelum diberikan perlakuan 37,5% dengan kategori kurang kreatif dan nilai setelah diberikan perlakuan 69,37% dengan kategori kreatif, (b) Respon siswa terhadap perangkat dan pelaksanaan pembelajaran sangat positif sebesar 89,9%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Karakter “Maja labo Dahu” yang dikembangkan layak untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

GE

Publisher

Subject

Astronomy Computer Science & IT Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Mathematics Mechanical Engineering Physics Other

Description

Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika merupakan jurnal open-access peer-review double-blind. Naskah yang masuk akan melalui proses seleksi editor dan team reviewer. Jurnal Gravity Edu merupakan terbitan dari Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Bima mulai menerbitkan artikel ...