Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Vol 3 No 1 (2020): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

Baiq azmi sukroyanti (Program Studi Pendidikan fisika FSTT UNDIKMA)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe scramble pada siswa kelas VIII SMPN 2 Sembalun tahun 2017/2018. Penilitian ini tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Masing-Masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan motivasi siswa yang diperoleh melalui lembar angket motivasi belajar siswa. Test hasil belajar yang diberikan penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar 63,68% (berkategori rendah), sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 78,91% (berarti berkategori cukup). Peningkatan motivasi pada siklus I dan II siswa sebesar 15,23%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I dan II masing-masing sebesar 48,28% dan sebesar 86,97%. Mengalami peningkatan secara klasikal, Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

GE

Publisher

Subject

Astronomy Computer Science & IT Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Mathematics Mechanical Engineering Physics Other

Description

Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika merupakan jurnal open-access peer-review double-blind. Naskah yang masuk akan melalui proses seleksi editor dan team reviewer. Jurnal Gravity Edu merupakan terbitan dari Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Bima mulai menerbitkan artikel ...