LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol 5, No 1 (2020): Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra

EVALUASI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 29 PADANGSIDIMPUAN

Eli Marlina Harahap (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi hasil belajar bahasa indonesia. Evaluasi belajar diartikan sebagai proses menentukan nilai suatu objek untuk dapat menentukan suatu nilai atau harga suatu objek diperlukan adanya ukuran atau kriteria, dengan demikian penilaian adalah proses memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu. Penilaian pendidikan mencakup tiga sasaran yakni program pendidikan, proses belajar mengajar dan hasil-hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 77 % hasil belajar siswa meningkat. Kriteria yang digunakan oleh guru dalam menilai proses belajar mengajar di SMP Muhammadiyah 29 Padangsidimpuan antara lain konsitensi kegiatan belajar mengajar dengan kurikulum, keterlaksanaan oleh guru, keterlaksanaanya oleh siswa, motivasi belajar siswa, keaktifan siswa, interaksi guru siswa, kemampuan atau ketrampilan guru, kualitas hasil belajar siswa, penilaian proses belajar-mengajar berkenaan dengan komponen-komponen hasil pembelajaran seperti masukan baru bagi peserta didik. Masukan instrumental (kurikulum, metode mengajar, sarana dan guru), Masukan lingkungan (lingkungan sosial dan lingkungan bukan manusia), dan keluaran (hasil output) dari pembelajaran. Kriteria penilaian hasil pembelajaran antara lain dikembangkan dengan mengacu pada tiga aspek yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap menggunakan berbagai cara didasarkan pada tuntutan kompetensi dasar, mengacu pada tujuan dan fungsi penilaian (sumatif, formatif), mengacu kepada prinsip diferensiasi, dan tidak bersifat diskriminatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa optimalnya hasil belajar siswa tergantung pada proses belajar siswadan proses mengajar guru. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penilaian terhadap proses belajar-mengajar. Dimensi penilaian proses belajar-mengajar berkenaan dengan komponen-komponen proses belajar-mengajar seperti tujuan pengajaran, metode, bahan pengajaran, kegiatan belajar oleh murid, kegiatan mengajar guru, dan penilaian . 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Linguistik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra berisi artikel-artikel ilmiah tentang bahasa, sastra, linguistik, dan hubungannya dengan pengajaran, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Artikel yang dimuat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan pembahasan ...