Sesuai dengan latar belakang masalah dan batasan masalah diatas sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah ada pengaruh peranan guru dalam pembelajaran classroom dan profesionalisme guru terhadap minat belajar peserta didik dalam bidang studi akuntansi pada kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sipirok Tahun Pelajaran 2020-2021.?”Berdasarkan hasil penelitian bahwa diperoleh rata-rata variabel peranan guru dalam pembelajaran classroom yaitu dan variabel profesionalisme guru sedangkan minat belajar PKKN diperoleh . Bila dilihat dari perhitungan rata maka sesuai dengan perhitung product moment ganda dimana dan adlah memperoleh nilai angka di atas harga kritik r penulis mengukur kualitas data menggunakan tabel penolong dengan ketentuan, jika rhitung > ttabel maka koefisien korelasi yang diuji adalah diterima, sebaliknya jika rhitung < ttabel maka koefisien korelasi yang diuji adalah ditolak. Dimana jika rhitung (0,996) > ttabel (0,325 – 0,418) maka koefisien korelasi yang diuji adalah diterima, sebaliknya jika rhitung (0,996) < ttabel(0,325 – 0,418) maka koefisien korelasi yang diuji adalah ditolak. Berdasarkan tabel penolong bahwa hipotesa dimana ada pengaruh guru dalam pembe lajaran class room dan profesio nalisme guru terhadap minat belajar peserta didik dalam bidang studi PPKn pada kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sipirok Tahun Pelajaran 2020-2021
Copyrights © 2021