Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol 4, No 1 (2021): April 2021

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMP

Andi Adam (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2021

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis visual terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII B2 SMP Unismuh Makassar dengan beberapa indikator capaian pengaruh yakni: hasil belajar, aktivitas siswa dan respon siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 dengan satuan eksperimen adalah kelas VII B2 sebanyak 25 siswa yang terdiri dari laki-laki. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis visual terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII B2 SMP Unismuh Makassar.Jenis penelitian ini menggunakan pre eksperimen, instrumen penelitia yang digunakan adalah tes belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Analisis data hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) skor rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum diterapkan media pembelajaran berbasisi visual adalah 52,60 dan berada pada kategori rendah. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 25 siswa kelas VII B2 SMP Unismuh Makassar yang mengisi lembar tes, siswa yang memperoleh nilai terendah sebanyak 1 siswa dengan nilai 30 dan nilai tertinggi 75 sebanyak 2 siswa, sedangkan skor rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkan media pembelajaran berbasis visual adalah 73,20 dimana nilai terendah adalah 60 dengan 2 siswa dan nilai tertinggi 85 dengan 4 siswa. (2) aktivitas siswa berada pada kategori baik yakni rata-rata 57% bersikap baik. (3) angket respon siswa menunjukan bahwa respon siswa terhadap mendia pembelajaran berbasisi visual memberikan respon positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam proses belajar mengajar sangat dibutuhkan sebuah media pembelajaran berbasis visual dalam fasilitas penunjang pembelajaran pada siswa kelas VII B2 SMP Unismuh Makassar berpengaruh terhadap hasil pembelajaran Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...