Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan video animasi dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini. Pengenalan dan membaca huruf hijaiyah seharusnya sejalan dengan teori-teori yang dikemukakan para ahli. Begitu juga dalam pengenalan huruf hijaiyah yang wajib dipelajari anak sejak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, sumber datanya dari referensi jurnal lmiah atau buku, teknik pengumpulan datanya dengan mengolah dan menganalisis sumber data yang telah ditemukan sesuai dengan pembahasan yang akan diteliti. Hasil penelitian ini adalah mendeskripsikan media video animasi dapat membuat anak mengenal dan membaca huruf hijaiyah. Setelah dianalisis, semua teori dan penelitian yang meneliti tentang hubungan video animasi dan huruf hijaiyah terbukti animasi sangat berperan penting dalam proses belajar mengajar sebagai media pembelajaran di kelas. Begitu juga dengan pembelajaran huruf hijayah terbukti efektif untuk digunakan dalam pembelajaran karena tampilan animasi sangat menarik sehingga dapat meningkatkan motivasi dan minat anak sekaligus membantu guru dalam mempersingkat waktu. Maka dari itu terbukti bahwa video animasi dapat mengenalkan huruf hijaiyah pada anak. Penelitian ini menjelaskan tentang analisis beberapa jurnal ilmah dan buku yang menjelaskan efesiennya penggunaan video animasi dalam pembelajaran huruf hijaiyah anak
Copyrights © 2020