JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 2 (2020): August 2020

Mendongeng dengan Power Point dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistic Anak Usia Dini

Rozalina, Fifi Alenda (Unknown)
Muryanti, Elise (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2020

Abstract

Permasalahan yang terjadi saat ini kecerdasan verbal linguistic anak belum berkembang dengan baik. Hal ini dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang diterapkan belum optimal, ada sebagian anak yang belum terampil dalam berbicara seperti mengulangi kalimat sederhana dan kurang keberanian anak dalam berpendapat. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana kecerdasan verbal linguistic anak melalui mendongeng dengan bantuan power point. Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan kajian studi literatur, teknik pengumpulan data dengan menelaah sumber primer berupa buku referensi dan jurnal yang relevan dengan masalah. Analisis dilakukan dengan menghubungkan permasalahan dengan konsep dan teori yang relevan. Hasil temuan dari beberapa referensi menunjukkan mendongeng berpengaruh positif dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistic anak dan memberikan kesempatan kepada anak untuk aktif dalam melakukan kegiatan mengenal dan memahami kosakata baru, memahami alur sebuah cerita, mengolah kata-kata menjadi bermakna, dan terampil dalam berbicara. Bentuk kegiatan yang dilakukan pada mendongeng ini berupa aktivitas yang pernah dilihat, dekat dengan dunia anak dan berbasis teknologi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...