Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan model kooperatif Numbered Heads Together (NHT) di kelas V SD Negeri 16 Kampung Nan VI Kecamatan Lubuk Sikaping .Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Subjek penelitian ini guru ( praktisi) dan 20 orang siswa .Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada a). RPP siklus I rata-rata 82,15 % dengan kualifikasi Baik (B) meningkat pada siklus II 92,85 % dengan kualifikasi Sangat Baik (SB) ,b).Pelaksanaan pada aspek guru siklus I rata –rata 82,81 % dengan kualifikasi Baik (B) meningkat pada Siklus II 93,75% dengan kualifikasi Sangat baik (SB).Sedangkan pelaksanaan aspek siswa siklus I rata -rata 81,25 % dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada Siklus II 93,75% dengan kualifikasi Sangat baik (SB),c). Penilain hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 72,92 dengan kualifikasi cukup (C)meningkat pada siklus II 82,80 dengan kualifikasi baik (B).
Copyrights © 2020