JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Kooperatif Numbered Heads Together (NHT)

Sari, Devita (Unknown)
Hamimah, Hamimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan model kooperatif Numbered Heads Together (NHT) di kelas V SD Negeri 16 Kampung Nan VI Kecamatan Lubuk Sikaping .Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Subjek penelitian ini guru ( praktisi) dan 20 orang siswa .Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada a). RPP siklus I rata-rata 82,15 % dengan kualifikasi Baik (B) meningkat pada siklus II 92,85 % dengan kualifikasi Sangat Baik (SB) ,b).Pelaksanaan pada aspek guru siklus I rata –rata 82,81 % dengan kualifikasi Baik (B) meningkat pada Siklus II 93,75% dengan kualifikasi Sangat baik (SB).Sedangkan pelaksanaan aspek siswa siklus I rata -rata 81,25 % dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada Siklus II 93,75% dengan kualifikasi Sangat baik (SB),c). Penilain hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 72,92 dengan kualifikasi cukup (C)meningkat pada siklus II 82,80 dengan kualifikasi baik (B).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...