JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

Azizah, Kisma Umi (Unknown)
Desyandri, Desyandri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pembelajaran tematik terpadu yang mengakibatkan peserta didik kurang memahami materi sehingga berdampak terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SDN 166/VII Guruh Baru I. Jenis penelitian yaitu PTK dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan, tes dan non tes. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas V. Hasil penelitian menunjukkan pada RPP siklus I rata-rata 74,99 % (C), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (SB). Pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I rata-rata 80,83% (B), meningkat pada siklus II menjadi 93,33% (SB). Aspek Peserta didik siklus I rata-rata 82,81% (B) meningkat pada siklus II menjadi 93,75 (SB). Hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 75% (C) dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 93,33% (SB).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...