JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Skala di Kelas V SD

Dayanur , Ilhami (Unknown)
Masniladevi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Skala di Kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas V SDN 11 Pudung dan kelas V SDN 18 Pudung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelas model Problem Solving sebesar 80 dan kelas kontrol sebesar 78. Berdasarkan perhitungan uji t (t-test) pada posttest diperoleh thitung (2,40146109) > ttabel (1,67155). Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan model Problem Solving terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...