Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada tema 3 subtema 1, 2 dan 3 dengan pendekatan saintifik di kelas III B SDN 09 Pasar Ladang Panjang Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III B dimana tercatat jumlah siswa laki-laki sebanyak 5 orang dan siswa perempuan 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) perencanaan siklus I memperoleh nilai 81,82% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 95,45% dengan kualifikasi sangat baik, (b) pelaksanaan pembelajaran aspek guru dan siswa pada siklus I sama-sama memperoleh nilai 80% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 95% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 80,13 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86,34. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan Saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 3 Subtema 1, 2 dan 3 di kelas III SDN 09 Pasar Ladang Panjang Kabupaten Pasaman.
Copyrights © 2020