JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas V SD Negeri 11 Gadut

Cyntia Septianingrum (Unknown)
Hamimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menggambarkan peningkatan hasil belajar tema 3 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick di kelas V SD Negeri 11 Gadut. Penelitian ini merupakan penalitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Dilaksanakan dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II 1 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah gutru kelas V sebagai observer, peneliti sebagai praktisi, dan siswa SD Negeri 11 Gadut yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yaitu: a) hasil pengamatan RPP pada sisklus I 75%, meningkat pada siklus II menjadi 89,43%. b) b) hasil aktivitas guru pada siklus I 78,75%, meningkat pada siklus II menjadi 87,5%. c) hasil aktivitas siswa pada siklus I 77,5%, meningkat pada siklus II menjadi 85%. d) penilaian hasil belajar siswa, pada siklus I rata-ratanya yaitu 65,85 lalu meningkat pada siklus II menjadi 92,5. Berdasarkan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa model kooperatif tipe Talkng Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 3.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...