Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Prabumulih yang ditinjau dari manajemen kurikulum manajemen kesiswaan, manajemen guru, manajemen sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena salah satu bentuk metode yang dapat mengungkapkan keadaan yang sebenarnya. Sumber data dalam penelitian ini adalah: 1) Kepala SMP Negeri 1 Prabumulih; 2) guru, dan 3) tenaga administrasi dan ketatausahaan. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi/ gabungan, analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa Manajemen berbasis sekolah sudah diterapkan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Prabumulih ditinjau dari manajemen sarana dan prasarana, manajemen kurikulum, manajemen peningkatan mutu guru dan manajemen kesiswaan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020