JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Roleplaying di Kelas IV SD Negeri 04 Timbulun

Indriani, Mella (Unknown)
S, Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pembelajaran tematik terpadu di sekolah yang mengakibatkan peserta didik kurang memahami materi sehingga berdampak pada hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model pembelajaran Roleplaying di Kelas IV SD Negeri 04 Timbulun. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas IV. Data penelitian berupa hasil pengamatan, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan pada RPP siklus I rata-rata 86,11% (B) meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (SB). Pelaksanaan pada aspek guru siklus I rata-rata 82,95% (B) meningkat pada siklus II menjadi 93,18% (SB). Pelaksanaan pada aspek siswa siklus I rata-rata 82,95% (B) meningkat pada siklus II menjadi 93,18% (SB). Hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 73,12 meningkat pada siklus II menjadi rata-rata 82,03.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...