JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing pada Pembelajaran Tematik terpadu di Kelas V SDN 24 Gunung Rajo Kabupaten Tanah Datar

Maisa, Restu Gusti (Unknown)
S, Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 24 Gunung Rajo Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, lembar observasi, tes, dan non tes. Hasil pengamatan RPP siklus I skor 83% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II skor 94% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I diperoleh skor 84% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II yaitu skor 94% dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas siswa siklus I skor 82% dengan kualifikasi baik, di siklus II skor 91% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I rata-rata 77 dengan kualifikasi cukup, di siklus II 84 dengan kualifikasi baik dari segi pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa semakin meningkat dari siklus I sampai siklus II dimana hasil belajar dan keterampilan siswa, sikap siswa juga meningkat dari sikap sosial dan spiritualnya. Data tersebut menunjukkan penerapan model pembelajaran tipe Snowball Throwing meningkatkan hasil belajar siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...