JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Hubungan Persepsi Orang Tua tentang Pendidikan Nonformal dengan Upaya Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak Putus Sekolah di Kampung Kapalo Banda Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

Marisa, Marisa (Unknown)
Sunarti, Vevi (Unknown)
Bartin, Tasril (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang terpenuhinya kebutuhan pendidikan anak putus sekolah yang sedang atau pernah mengikuti kegiatan pendidikan nonformal yang diduga ada hubungannya dengan persepsi orang tua tentang pendidikan nonformal. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menggambarkan persepsi orang tua tentang pendidikan nonformal, 2) menggambarkan upaya pemenuhan kebutuhan pendidikan anak putus sekolah, 3) melihat hubungan antara persepsi orang tua tentang pendidikan nonformal dengan upaya pemenuhan kebutuhan pendidikan anak putus sekolah. Penelitian ini bersifat korelasi, yaitu melihat hubungan antara persepsi orang tua tentang pendidikan nonformal dengan upaya pemenuhan kebutuhan pendidikan anak putus sekolah. Jumlah populasi sebanyak 24 orang tua. Penarikan sampel dengan menggunakan metode sampling jenuh, yaitu penentuan sampel apabila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Maka sampel penelitian ini berjumlah 24 orang tua yang memiliki anak putus sekolah dan pernah atau sedang mengikuti kegiatan pendidikan nonformal. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dengan menggunakan Skala Likert dengan 4 alternatif jawaban: selalu, sering, jarang, tidak pernah. Untuk mengukur hasil data penelitian dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik spearman rho. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Persepsi orang tua tentang pendidikan nonformal dikategorikan kurang baik.; 2) Upaya pemenuhan kebutuhan pendidikan anak dikategorikan kurang terlaksana dengan baik.; dan 3) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi orang tua tentang pendidikan nonformal dengan upaya pemenuhan kebutuhan pendidikan anak

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...