At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Vol 5, No 1 (2021): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen

Pengaruh Kinerja Receptionist dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kesetiaan Pelanggan di The Sultan Hotel & Residence Jakarta

Linda Desafitri Ratu Bilqis (Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta)
Irfal Irfal (Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta)
Trixie Sondang Milka (Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja receptionist dan kepercayaan terhadap kesetiaan pelanggan. Hal ini diperlukan untuk mengetahui bagaimana The Sultan Hotel & Residence Jakarta membangun kepercayaan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan prosedur penarikan sampel Simple Random Sampling. Jumlah sampel yang didapat berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus Slovin setelah dibulatkan adalah 100 responden.Total nilai  mean Kinerja Receptionist (X1) sebesar  59.39, total nilai mean Kepercayaan Pelanggan (X2) sebesar 12.94 dan Kesetiaan Pelanggan (Y) total  nilainya adalah sebesar  22.48. Berdasarkan hasil uji  T yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Kinerja Receptionist (X1) memiliki pengaruh  parsial dan Kepercayaan Pelanggan (X2) memiliki pengaruh  parsial terhadap  Kesetiaan Pelanggan (Y). Berdasarkan hasil Uji F yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh simultan antara Kinerja Receptionist (X1) dan Kepercayaan Pelanggan (X2) terhadap Kesetiaan Pelanggan (Y). Uji koefisien korelasi didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara kinerja receptionist terhadap kesetiaan  pelanggan di The Sultan Hotel & Residence Jakarta dan terdapat hubungan yang cukup kuat antara kepercayaan pelanggan (X2) terhadap kesetiaan pelanggan di The Sultan Hotel & Residence Jakarta (Y). Berdasarkan uji koefisien determinasi didapatkan hasil bahwa Kinerja Receptionist (X1) dan Kepercayaan Pelanggan (X2) mempengaruhi Kesetiaan Pelanggan (Y) sebesar 32% Sedangkan sisanya sebesar 68% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak masuk ke dalam penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalattadbir

Publisher

Subject

Arts Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

urnal ilmiah manajemen At-Tadbir menerbitkan artikel dalam ranah ekonomi, manajemen, dan bisnis dalam lingkup keuangan, manajemen sumberdaya manusia, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen sistem informasi, dan menajemen strategi. At-Tadbir diterbitkan pertama pada tahun 2017 secara ...