Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Pengembangan Media Pembelajaran ELMOBAR (Elektronik Modul Aljabar) Untuk Siswa kelas VII SMP

Putri Kartika sari (Universitas Kristen Satya Wacana)
Novisita Ratu (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2020

Abstract

Aljabar merupakan salah satu materi yang sifatnya abstrak yang dianggap sulit oleh kebanyakan siswa kelas VII SMP. Kesulitan tersebut dapat teratasi dengan adanya inovasi sarana pembelajaran yang baru. Dalam hal ini dilakukanlah pengembangan media pembelajaran ELMOBAR (Elektronik Modul Aljabar) dengan melalui 5 tahapan ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ELMOBAR memenuhi indeks kevalidan > 61% . Persentase hasil validasi materi sebesar 81,25% dengan kategori baik dan validasi media sebesar 96% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa media pembelajaran ELMOBAR telah memenuhi indeks kepraktisan media untuk digunakan sebesar 81% dengan kategori baik atau layak untuk digunakan. Selain itu media pembelajaran ELMBOBAR juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Aljabar. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji keefektifan melalui pretest dan posttes memperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan belajar siswa sebesar 0,37 dengan kategori peningkatan sedang

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...