Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Sikap Siswa Terhadap Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Berdasarkan Kemampuan

Tyas Sadpuranti Purwaningrum (Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka)
Ayu Faradillah (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sikap siswa terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran yang dilihat dari beberapa kemampuan matematika yaitu tinggi,sedang dan rendah. Total subjek penelitian adalah 123 siswa yang terdiri dari 31 siswa kelas 7 dan 20 siswa kelas 8 SMP Muhammadiyah PasarKemis dan 36 siswa kelas 10 dan 36 siswa kelas 11 SMA Negeri 57 Jakarta. Metode penelitian ini adalah survey dimana data yang diperoleh dianalisis dengan model Rasch (Winstep). Kuesioner penelitian ini berjumlah 24 pernyataan dan terdapat 3 indikator yaitu, memahami dan menyajikan materi dengan menggunakan tenologi serta sikap terhadap menggunakan teknologi. Berdasarkan hasil analisis dari kemampuan matematika menunjukan bahwa kelas 7 dan 10 lebih menyukai penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika. Kemampuan matematika siswa dengan kategori rendah dan tinggi menunjukan bahwa mereka menyukai penyajian materi yang menarik dengan menggunakan teknologi sehingga dapat membantu dalam mengeksplorasi konsep matematika secara mendalam

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...