Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 1 (2021): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs

Aisyah Nurul Rahmah (Universitas Riau)
Zulkarnain Zulkarnain (Universitas Riau)
Nahor Murani Hutapea (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang masih kesulitan dalam merancang perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Tujuan penelitian adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis model problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang valid dan praktis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang tahapannya yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah 8 orang peserta didik kelas VII. Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen validitas berupa lembar validasi untuk menilai kelayakan perangkat pembelajaran serta instrument praktikalitas berupa angket respon peserta didik untuk menilai kepraktisan penggunaan LKPD. Berdasarkan hasil analisis data validasi disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika ini sangat valid dengan rata-rata penilaian untuk silabus adalah 89,81%, untuk RPP adalah 92,43%, untuk LKPD adalah 90,85%. Berdasarkan hasil analisis data kepraktisan angket respon peserta didik menunjukkan kategori sangat praktis dengan rata-rata penilaian 89,80%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...