Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Sri Handayani (Universitas Lampung)
Caswita Caswita (Universitas Lampung)
Nurhanurawati Nurhanurawati (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2020

Abstract

Untuk menyikapi permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa, diperlukan adanya inovasi proses pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran berbasis penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Tessmer.yang bersifat terbatas hingga tahapan expert review. Tahapan pengembangan ini dimulai dari tahap preliminary (tahap persiapan dan pendesainan), tahap self evaluation, dan tahap expert review. Penelitian dilaksanakan di SMA Kebangsaan Lampung pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Validasi desain pembelajaran dan perangkat pembelajaran oleh ahli desain, ahli materi, dan praktisi pendidikan. Selanjutnya desain dan perangkat pembelajaran direvisi sesuai pendapat para ahli. Desain pembelajaran dan perangkat pembelajaran divalidasi oleh 2 pakar ahli desain dan materi, 2 praktisi guru dan 5 praktisi siswa. Hasil validasi para ahli diperoleh bahwa perangkat pembelajaran dan desain layak digunakan dan diimplementasikan setelah memenuhi kriteria valid dan praktis. Hal ini dapat dilihat dari hasil skor penilaian validator adalah diatas yang memiliki kriteria valid dan kategori sangat praktis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...