Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 1 (2021): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP/MTs

Reny Reski Reny (Universitas Riau)
Nahor Murani Hutapea (Universitas Riau)
Sehatta Saragih (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2021

Abstract

Artikel ini didasari oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan lemahnya guru dalam menyusun RPP dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS). Artikel ini memiliki tujuan untuk menganalisis hasil validasi perangkat pembelajaran matematika berbasis model problem based learning pada materi bangun ruang sisi datar. Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE namun dibatasi pada empat tahap, yaitu tahap analisis, perancangan, pengembangan, dan implementasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah lembar validasi (aspek kevalidan berupa angket), lembar penilaian dua orang dosen dan satu orang guru matematika serta lembar penilaian oleh dua belas siswa (aspek kepraktisan berupa angket). Analisis data yang digunakan dalam artikel ini adalah analisis deskriptif melalui skor skala likert. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis model problem based learning pada materi bangun ruang sisi datar yang valid dan sangat praktis untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...