Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 1 (2021): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021

Kesesuaian Alat Evaluasi Dengan Indikator Pencapaian Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Pada RPP Matematika

Ratih Mauliandri (Universitas Riau)
Maimunah Maimunah (Universitas Riau)
Yenita Roza (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2021

Abstract

Dalam melaksanakan evaluasi, diperlukan alat evaluasi yang dapat mengukur ketercapaian suatu kompetensi dasar. Alat evaluasi harus disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan kompetensi dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian alat evaluasi dengan indikator pencapaian kompetensi dan kompetensi dasar pada RPP. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Bengkalis dengan subjek 5 orang guru matematika. Data yang digunakan adalah alat evaluasi pada RPP Tahun Ajaran 2020/2021 yang disusun oleh 5 orang guru matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menganalisis alat evaluasi menggunakan lembar analisis berbentuk checklist dengan kriteria sesuai (S) dan tidak sesuai (TS). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh persentase kesesuaian alat evaluasi dengan indikator pencapaian kompetensi dan kompetensi dasar secara keseluruhan yaitu 88%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi yang dibuat oleh guru sudah sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi dan kompetensi dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...