Pandemi Covid-19 memberikan perubahan terhadap paradigma dunia pendidikan. Proses pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka atau luringberubah menjadi pembelajaran jarak jauhatau dari ng. Pemilihan media pembelajaran menjadi faktor utama yang harus dimiliki oleh seorang pendidik dalam melakukan proses pembelajaran jarak jauh. Salah satu media pembelajaran yang akan diujicobakan adalah aplikasi quizizz.Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektivan penggunaan aplikasi quizizz saat proses perkuliahan matematika sekolah dilakukanpada masa pandemi covid-19. Efektivitas pada penelitian ini ditinjau dari dua aspek yaitu motivasi dan hasil belajar yang dicapai oleh mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan model desain Randomized Posttest-Only Control Group Design.Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik pemberian tes dan teknik pengisian googleform. Analisis data yang akan digunakan adalah uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 21, menunjukkan bahwa nilai dari Sig. (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikan (0,000 < 0,005) baik ditinjau dari hasil pengisian angket motivasi maupun hasil belajar mahasiswa. Oleh karena itu, pada penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan aplikasi quizizz efektif digunakan pada mata kuliah matematika sekolah ditinjau dari motivasi dan hasil belajar mahasiswa.
Copyrights © 2021