Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak perbedaan kemampuan pemahaman terhadap matematika dalam kaitannya dengan kelas yang ditempati di sekolah diantaranya pada kemampuan menyelesaiakan soal matematika dan penguasaan materi yang berbeda. Terkadang kelas ilmu pengetahuan alam lebih unggul dalam hal merespon pertanyaan dan masalah terkait matematika, akan tetapi terkadang juga kelas ilmu pengetahuan sosial lebih aktif dalam hal teori atau kemampuan bahasa matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tujuan penelitian adalah untuk menindaklanjuti perbedaan jenis kesalahan apa saja yang ditimbulkan dari dua kelas yang berbeda yaitu IPA dan IPS dari pemahaman mereka terhadap matematika terkait materi trigonometri. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X IPA dan IPS SMAK Frateran Maumere tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen penelitian adalah soal tes berbentuk uraian dan pedoman wawancara. Penelitian mengacu pada, siswa dapat menyelesaikan soal cerita dengan langkah-langkahnya, siswa mengerjakan sesuai intruksi hasil analisis diperoleh Perbedaan yang lebih mencolok dari cara penyelesaian dan pemaparan hasil pekerjaan siswa dimana kemampuan spasial kelas IPA lebih mencolok sedangkan IPS mungkin saja lebih menguasai kemampuan komunikasi verbal matematis, hal ini juga terlihat dari hasil kerapihan pekerjaan mereka
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021