Seluruh kegiatan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 dilakukan secara virtual. Hal ini menyebabkan kurangnya minat belajar siswa pada pembelajaran matematika. Oleh karena itu guru perlu menggunakan berbagai cara untuk memahamkan konsep yang abstrak agar dapat dipahami oleh siswa, yaitu dengan memanfaatkan salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat memvisualisasikan konsep yang abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar siswa terhadap penggunaan software GeoGebra pada materi geometri selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 18 orang siswa yang diambil secara random. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen non-test berupa angket minat belajar siswa yang disebarkan menggunakan Google Form, pada pembelajaran geometri menggunakan software GeoGebra yang terdiri dari 20 pernyataan sebagai acuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan software GeoGebra. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif terhadap minat belajar geometri siswa. Seperti diketahui, 3 indikator tergolong sangat baik dan 1 indikator tergolong baik. Software GeoGebra efektif digunakan sebagai media pembelajaran matematika untuk menarik minat belajar siswa
Copyrights © 2021