Tujuan penelitian adalah menyusun dan mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) untuk melatih kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP pada materi phytagoras. Kemampuan pemecahan masalah sebagai kemampuan dasar pembelajaran pada abad ke-21 menjadi penting dalam proses pembelajaran. Paradigma pembelajaran abad 21 menekankan pada kemampuan siswa dalam mencari tahu dari berbagai sumber, merumuskan permasalahan, berpikir analitis dan kerjasama serta berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah. Namun masih sangat minim bahan ajar yang mampu melatih kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, maka sangat perlu dilakukangan pengembangan bahan ajar salah satunya LKS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Thiangarajan atau model 4-D yang telah dimodifikasi menjadi 3 tahap yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design) dan pengembangan (Development), dengan tujuan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang valid dan praktis untuk menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi Teorema Pythagoras. Kevalidan dari LKS tersebut diperoleh melalui proses validasi bersama tiga validator yang kompeten, sedangkan kepratisan diperoleh dengan melakukan uji coba terbatas LKS yang telah valid tersebut kepada 10 siswa kelas VIII. Berdasarkan uji coba tersebut didapatkan skor kepraktisan 77,6% sehingga diperoleh Lembar Kerja Siswa yang valid dan praktis untuk mumbuhkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi Teorema Pythagoras.
Copyrights © 2021