Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Aspek Kesadaran Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode survei dengan analisis korelasi-regresi (dengan menguji data melalui beberapa uji analisis, baik uji normalitas maupun uji linieritas). Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP At-Tawwabiin Kota Depok Tahun ajran 2019/2020. Penelitian ini memiliki dua variabel. Aspek kesadaran diri dari kecerdasan emosional sebagai variabel bebas dan prestasi belajar matematika siswa sebagai variabel terikat. Pengambilan sample dilakukan secara random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket. Berdasarkan persamaan regresi berganda sebesar 32,96 + 0,415X dilanjutkan dengan hasil uji regresi sederhana (10,20)> t tabel (1,6667) yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional aspek kesadaran diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP At-Tawwabiin.
Copyrights © 2021