Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan untuk melakukan proses berpikir dan bernalar yang memungkinkan seseorang untuk menganalisis informasi secara baik dan benar guna mengambil keputusan dalam proses menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah pengembangan serta melihat kelayakan dari LKPD berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Proses pengembangan menggunakan model Borg & Gall dengan tahapan: (1) tahap penelitian dan pengumpulan data, (2) tahap pengembangan draf produk, (3) tahap validasi media, (4) tahap revisi hasil validasi, dan (5) tahap uji coba lapangan. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi media dan materi, serta angket penilaian guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media LKPD yang dikembangkan valid dengan penilaian ahli media dan ahli materi yang memberikan kesimpulan bahwa media valid. LKPD yang dikembangkan praktis dengan rerata skor angket penilaian guru pertama adalah 3,75 dengan kualifikasi secara kualitatif “baik”, penilaian guru kedua, diperoleh rata-rata nilai semua komponen adalah 3,96 dengan kualifikasi secara kualitatif adalah “baik” dan hasil penilaian guru ketiga, diperoleh rata-rata nilai semua komponen adalah 4,44 dengan kualifikasi secara kualitatif adalah “sangat baik” serta rerata skor angket penilaian siswa yaitu 4,25 dengan klasifikasi sangat baik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021