Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika: Volume 5 Nomor 2, In press

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Problem Based Learning untuk Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Intan Dewi Fortuna (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yuyu Yuhana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Novaliyosi Novaliyosi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
18 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pendidikan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan langkah-langkah pada Problem Based Learning untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk peserta didik kelas VIII SMP. Kualitas Lembar Kerja Peserta Didik mengacu pada kriteria kevalidan dan kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan strategi sepuluh langkah pengembangan menurut Borg dan Gall, namun dalam penelitian ini hanya sampai pada langkah ke tujuh. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian LKPD untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa Lembar Kerja Peserta Didik dengan Problem Based Learning untuk Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada materi sistem persamaan linear dua variabel dinyatakan telah memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis dengan persentase 86,11% untuk kevalidan dan 83,04% untuk kepraktisan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...