Jurnal Basicedu
Vol 4, No 2 (2020): April, Pages 228-521

Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar

Tarpan Suparman (Universitas Buana Perjuangan Karawang, Jawa Barat, Indonesia)
Anggy Giri Prawiyogi (Universitas Buana Perjuangan Karawang, Jawa Barat, Indonesia)
Reni Endah Susanti (Universitas Buana Perjuangan Karawang, Jawa Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Gugus II Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Karawang, dan penelitian di fokuskan pada siswa kelas V Tahun ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa terutama pada pelajaran IPA. Jenis Penelitian ini adalah penelitian semu (quasi eksperimen). Dengan Desain yang digunakan dalam penelitian adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah SDN yang berada di Gugus II Kecamatan Lemahabang, yang terdiri dari 10 SD dan di fokuskan pada kelas V di Gugus II Kecamatan Lemahabang pada tahun 2018/2019, dengan sampel penelitian kelas V SDN Lemahabang III sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN Lemahabang V sebagai kelas kontrol. Intrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar IPA adalah dengan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Hasil analisis data pada pretest kelas eksperimen nilai yang didapat masih rendah nilai yang diperoleh sebesar 24,00, sedangkan pada kelas kontrol adalah 25,83. Setelah dilakukan treatment pembelajaran menggunakan media gambar, hasil analisis pada posttest kelas eksperimen diperoleh bahwa hasil belajar IPA meningkat dengan rata-rata 73,67, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 67,00. Berdasarkan uji t yang dilakukan diperoleh sig (2-tailed) < 0.05 yang artinya terdapat perbedaan terhadap hasil belajar IPA. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh media gambar terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V di Sekolah Dasar pada tahun pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...