Jurnal Basicedu
Vol 5, No 1 (2021): February 2021, Pages 1-445

Apresiasi Cerita Rakyat sebagai Upaya Memperkuat Karakter Siswa dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Kuswara Kuswara (STKIP Sebelas April Sumedang, Indonesia)
Yena Sumayana (STKIP Sebelas April Sumedang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Kemajuan dunia teknologi sudah memasuki era revolusi industri 4.0. Revolusi industri 4.0 merupakan optimalisasi kemajuan teknologi dengan mengubah cara kerja manusia menjadi digitalisasi. Revolusi industri tentu saja harus diimbangi dengan revolusi mental guna mempersiapkan para pengguna yang berkarakter dan berkemajuan. Di sekolah, guru harus memberikan penguatan-penguatan kepada siswa tentang dampak revolusi industri 4.0 agar karakter mereka tidak luntur serta mempunyai visi untuk maju. Cerita rakyat merupakan tradisi lisan yang diwariskan oleh para leluhur secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Dalam cerita rakyat banyak memuat tentang sejarah, adat istiadat, pandangan hidup, politik, kepemimpinan, dan cita-cita (keinginan). Cerita rakyat berfungsi sebagai media pendidikan dan sarana hiburan guna menumbuhkan kecerdasan emosional dan sosial siswa serta dapat dijadikan sarana untuk memperkuat karakter siswa. Tujuan penulisan makalah ini untuk menguraikan kebermanfaatan apresiasi cerita rakyat bagi penguatan karakter siswa. Hal tersebut dimaksudkan bahwa kenyataan dilapangan saat ini apresiasi masyarakat khususnya siswa terhadap cerita rakyat mengalami penurunan karena tergeser oleh cerita-cerita modern. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriftif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...