Bio-Lectura
Vol. 8 No. 1 (2021)

PENGEMBANGAN TTCT-V (TORRANCE TEST OF CREATIVE THINKING VERBAL) BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK TINGKAT SMA

Lailah fauziah (Universitas Negeri Jakarta)
Fitri Rizkiyah (Universitas Negeri Jakarta)
Mieke Miarsyah (Universitas Negeri Jakarta)
Rizhal Hendi Ristanto (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2021

Abstract

ABSTRAK: Kemampuan berpikir kreatif perlu dimiliki oleh para siswa dalam mempelajari berbagai persoalan terkait lingkungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendesain instrumen tes yang dapat mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa SMA pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Instrumen dikembangkan berdasarkan indikator dan bentuk tes verbal yang dicetuskan oleh Torrance. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model 4D yang dicetuskan oleh Tiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974). Instrumen yang dibuat divalidasi oleh 4 validator ahli (1 dosen biologi S1 dan 3 guru biologi SMA yang berpengalaman dalam dunia pendidikan selama >5 tahun). Berdasarkan uji validitas yang dilakukan didapatkan hasil dengan kategori sangat valid atau layak digunakan. Instrumen ini dapat membantu pendidik dalam menentukan strategi pembelajaran apa yang cocok diterapkan guna mendukung perkembangan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BL

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print ...